tkm ku…

Defenisi anak usia prasekolah
Yang dimaksud dengan anak prasekolah adalah mereka yang berusia 3 – 5 tahun. Belum waktunya masuk sekolah tetapi sedang dalam masa peka untuk belajar. Belajar apa saja. Belajar bergaul, berdisiplin, berbahasa dan banyak lagi.
Tahapan Perkembangan Anak
Pada perosesnya anak memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan berbagai kegiatan jasmani. Pada usia empat tahun anak mampu melakukan berbagai gerakan-gerakan yang telah bagus, seperti melempar menaiki tangga dan berlari. Sebagai orang tua harus memiliki potensi untuk mendorong untuk perkembangan koqnitif dan motorik anak tersebut. Dengan demikian perlu adanya perencanaan pendidikan untuk anak Prasekolah sehingga kognitif dan motorik anak dapat terarahkan dengan baik.
Dengan demikian perencaan yang harus dilakukan guru dan orang tua untuk mendorong perkembangan jasmani anak-anak antara lain:
– memberikan kesempatan kepada anak untuk bermain
– menyediakan fasilitas yang merangsang pergerakan motorik kasar dan halus.
Untuk merancang pendidikan anak, para orang tua dan guru perrlu berpikir agar tidak terlalu banyak menuntut keterampilan di luar kemampuan anak. Setiap hari anak-anak membutuhkan latihan kegiatan jasmani yang disertai kebugaran dan aktivitas yang tinggi, tetapi kecendrungan anak saat ini lebih banyak melakukan kegiatan pasif seperti menonton atau duduk diam di bangku atau kursi.
Hasil konsultasi
Pada proses pengukuran ada beberapa aspek yang menjadi tujuan pengukuran seperti gerak kasar, gerak halus, mengerti isyarat dan pembicaraan, mengungkapkan dengan isyarat/kata-kata, kecerdasan, menolong diri sendiri, bergaul(tingkah laku social). Dari beberapa aspek tersebut tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa besar anak mencapai perkembangannya dan hal – hal apa saja yang yang belum bisa tercapai oleh responden. Dari segi gerakan kasar, gerakan halus, mengungkapkan isyarat/kata-kata, responden secara keseluruhan dapat melakukan perintah yang diberikan seperti berjalan mundur, lompat ke depan, naik turun tangga, menggunting kertas, menggambar garis silang, menggambar segi empat. Dan ketika responden di uji untuk mengerti isyarat dan pembicaraan responden juga memberikan respon yang positif dimana keseluruhan perintah dan cerita yang diberikan semua dapat dimengerti.
Perkembangan responden yang masih kurang yaitu menolong diri sendiri. Ketika responden diperintahkan untuk memotong roti dengan menggunakan pisau, responden terlihat masih kaku dalam memotong dan terlihat juga kurang berhati – hati. pada aspek tingkah laku social, ketika responden bermain dengan salah satu hewan peliharaannya yaitu ikan, ia menganggap bahwa ikannya itu seperti manusia yang perlu tidur ketika malam hari.
Setelah menyampaikan aspek – aspek perkembangan kepada orangtua responden menganai hal-hal apa saja yang sudah dan belum dicapai oleh si anak. Orangtua responden juga menyampaikan beberapa hal mengenaiperkembangan anaknya. Orangtua responden merasa jika anaknya mencapai perkembangan yang lebih cepat dibandibgkan dengan anak-anak seusianya. Cara anak berbicara dan menangkap kata – kata sangat cepat dan mudah ditiru.
Keadaan status social ekonomi
no nama Status umur pekerjaan pendidikan penghasilan
1 Dasil Ayah 31 buruh SD ±50ribu
2 Parti Ibu 26 IRT SD –
3 Dafa Anak 4 thn 6 bln – –

Kesimpulan
Dengan demikian untuk mengoptimalkan perkembangan anak dan memenuhi karakteristik anak yang merupakan individu unik, yang mempunyai pengalaman dan ilmu pengatahuan yang berbeda, maka perlu dilakukan usaha yaitu dengan memberikan rangsangan-rangsangan dorongan-dorongan, dan dukungan kepada anak. Dalam merencanakan dan mengembangakan progeram untuk anak usia dini perlu memperhatikan seluruh aspek perkembangan anak, perogram tersebut juga disesuaikan dengan kebutuhan, minat dan kemampuan anak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: